Rabu, 03 Juni 2009

Pemimpin Yang Bijaksana

pendapat Jhon C Maxwell (dalam bukunya "Developing The Leader Within You") mengenai perbedaan Boss dan Pemimpin :

* Boss mendiktekan bawahannya, sedangkan pemimpin membimbingnya.
* Boss bergantung kepada otoritas, sedangkan pemimpin kepada kebijakan
* Boss memberikan rasa takut, sedangkan pemimpin memberikan antusiasme
* Boss mengatakan "Saya", sedangkan pemimpin mengatakan "kita"
* Boss mencari kambing hitam atas kesalahan, sedangkan pemimpin memperbaikinya
* Boss tahu bagaimana sesuatu harus dilakukan, sedangkan pemimpin menunjukkannya
* Boss berkata "ayo lakukan", sedangkan pemimpin berkata "ayo kita kerjakan"

dalam sebuah acara farewell party, seorang karyawan memberikan ucapan perpisahan dengan mengatakan "...bapak telah berani membela saya dihadapan yg lain dengan mengakui saya sbg kesalahan bapak, istilahnya bapak berani pasang badan demi saya, saya berterima kasih dan saya akan mengingat hal itu selamanya".
dapatkah kita menangkap makna kalimat tersebut, bahwa karyawan itu begitu kagum dengan attitude yg telah di tunjukkan oleh mantan atasannya dan dia meneladani nya.
tentu saja, nilai tertinggi dari keberadaan seorang pemimpin adalah PERSON HOOD "people follow because of who you are and what you represent".

sikap atau attitude seorang pemimpin menjadi sorotan dan perbincangan oleh bawahannya. maka percayalah, buruk atau baik bawahan bisa dinilai dgn cara memperhatikan cara kepemimpinan atasannya.

bila anda adalah seorang bawahan, maka untuk bekerja carilah role model yang menurut anda memang pantas ditiru, dia tidak harus atasan anda. dan bila anda seorang atasan, hal yang terbaik dilakukan setiap atasan adalah rutin melakukan introspeksi diri, benarkah anda sudah menjadi role model yang baik, karena meskipun anda beranggapandiri anda adalah urusan anda sendiri, tapi anda harus percaya bahwa anda diawasi dan diperhatikan oleh lingkungan anda.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar